Salah satu alat musik yang mempunyai daya tarik tinggi pada permintaan pengadaan dan pembelajaran bagi peserta kursus di Komukote adalah Biola. Alat atau instrumen musik biola menjadi primadona bagi para pelajar yang menjadi peserta kursus, utamanya dari kaum perempuan. Kondisi ini memotivasi Admin Komukote untuk membuat dan mempublikasikan tips tepat membeli biola bagi pemula.

Hingga saat ini instrumen musik biola masih memiliki image eksklusif dengan kalangan peminat dan penikmat di level kelas dan pemikiran tertentu.

Namun demikian, tidak membatasi visi dan misi Komukote untuk mengembangkan pembelajaran dan membimbing serta mengorbitkan violinist-violinist sejati yang akan meramaikan dan memberi warna di dunia musik.

Bagi yang ingin memiliki Biola, tentunya diselimuti rasa penasaran atau keingintahuan yang besar tentang alat musik ini. Pada umumnya calon pemilik akan mencari referensi mengenai instrumen musik ini sebagai upaya untuk mendapatkan pertimbangan dalam menentukan Biola pilihannya. Nah, untuk memfasilitasi hal tersebut, kami mencoba membagi sedikit pengetahuan tentang tips tepat memilih biola bagi pemula.

Tips Membeli Biola Bagi Pemula

Membeli Biola

Artikel ini ditujukan untuk calon pembeli Biola baru dan memiliki keinginan untuk membeli langsung dari toko atau resalernya. Jadi, jika ada ketidakpasan steatmen dalam postingan ini, kami mohon maaf. Namun, kami tetap berupaya seobjektif mungkin dalam menyusun artikel agar kompatibel dengan kondisi riil.

Mungkin Anda bingung saat mencari biola yang cocok untuk belajar anak, saudara, istri, atau orang terkasih, sedangkan Anda masih awan tentang biola ataupun bahkan tidak mempunyai banyak teman di komunitas musik. Jika menghadapi suasana seperti itu, tepat sekali kiranya Anda memperhatikan hal-hal sebagai berikut sebelum menentukan pilihan untuk mendapatkan Biola:

1. Membeli Biola Bagi Pemula Sesuai Dengan Budget atau Kemampuan Anggaran

Sama halnya ketika akan belanja sesuatu, kita harus memiliki target anggaran dengan skala atau rentang yang sesuai dengan kemampuan finansial. Jangan sampai kita membeli barang dengan harga melebihi budget hingga akhirnya terpaksa harus mengesampingkan kebutuhan lain yang lebih pokok. Kalau sekedar kredit atau dapat kas bon, mungkin resikonya masih berpotensi mampu ditanggung. Nah, kalau dapat barangnya lebih mahal tapi kualitasnya tidak sesuai, siapa yang akan kecewa…?

Jangan khawatir dengan budget Anda, karena di toko alat musik disediakan banyak jenis biola dengan berbagai varian kualitas dan harga. Jadi, jika Anda memiliki budget antara Rp. 600.000,- sampai Rp. 1.500.000,-, Anda masih bisa memilih untuk mendapat Biola bagi pemula yang berkualitas standar tanpa khawatir dengan kondisi keuangan untuk anggaran lainnya.

Perlu ditegaskan, konteksnya adalah Biola dengan harga sesuai dengan budget atau kemampuan anggaran yang memiliki perbedaan persepsi dengan Biola murah. Rekomendasi Komukote, beberapa merk biola terkenal yang biasa digunakan oleh pemula seperti Cremona, Hofner, Skylark, Steiner, Vienna, dll. Di level produk Biola ini sebagian buatan Cina yang memiliki kualitas tidak kalah saing dengan Eropa.

Namun tips ini tidak akan berlaku jika Anda mempunyai uang yang lebih dari cukup untuk membeli Biola mahal serta memiliki tekad kuat belajar dan menguasainya. Sekali lagi, tips ini hanya sebagai saran penegas agar Anda dapat memiliki Biola atau Violin sesuai dengan kondisi ekonomi.

2. Membeli Biola Bagi Pemula Sesuai Dengan Tujuan

Secara umum, jika dilihat dari manfaat (menurut fungsi dan tujuan) dari penggunaannya, instrumen musik Biola dapat dikategorikan dalam 2 (dua) tipe yaitu, Student Violin dan Professional Violin. Student Violin digunakan untuk pemula (pelajar) dalam mempelajari Biola. Sedangkan Professional Violin dikhususkan bagi mereka yang sudah serius berkarir di bidang biola atau sebagai violinist (pemain Biola).

Perbedaan yang mendasar dari kedua tipe biola ini (Student Violin dan Professional Violin) selain dari harganya adalah kualitas bahan baku pembuatannya yang kemudian berpengaruh pada output suara serta kenyamanan dalam memainkannya. Dengan kata lain, bagi tingkat pemula jika tujuan utama memiliki Biola untuk belajar atau pembelajaran, maka Komukote sarankan untuk membeli jenis Student Violin.

Bagi sebagian pelajar, butuh banyak waktu dan kesabaran ekstra untuk mempelajari alat musik Biola, apalagi jika belum memiliki dasar musik sama sekali. Admin Komukote sendiri, sejak artikel ini diposting, sudah mempelajari Biola lebih dari 4 (empat) tahun namun belum berani memproklamirkan diri telah menguasai dan mahir memainkan instrumen musik Violin.

Bayangkan, dalam kurun waktu belajar yang tidak singkat tersebut pasti akan mengalami kejenuhan atau kebosanan. Bahkan, jika tidak disiasati dengan baik serta tidak mendapat support berupa motivasi, bisa mengakibatkan resiko fatal berupa keputusasaan. Banyak cerita yang kita dengar tentang orang-orang yang awalnya bersemangat ingin belajar Biola, namun menyerah di tengah jalan karena merasa kurang cocok dan kurang cakap untuk memainkannya. Akibatnya, alat yang dibeli terbengkalai tidak terawat dan hanya menjadi penghias kenangan. Inilah alasan mengapa Komukote lebih menyarankan untuk membeli Biola bagi pemula yang harganya lebih murah dahulu agar tidak terlalu “mubazir” jika tersendat atau bahkan terhenti untuk mempelajarinya.

3. Membeli Biola Bagi Pemula Sesuai Ukuran Pengguna

Biola memiliki berbagi jenis dengan ukuran yang berbeda-beda didasarkan pada penggolongan umur ataupun bentuk fisik. Meski kita bisa memaksa untuk  memainkannya, namun belum tentu kita mendapat kenyamanannya. Analoginya, dalam proses belajar anak-anak bisa diminta untuk menggunakan dan memainkan Biola ukuran orang dewasa, namun itu akan membebaninya dan kurang membantu guru dalam mengajarinya.

Jenis Biola untuk anak-anak lebih variatif karena masih dalam tahap pertumbuhan. Sedangkan Biola untuk orang dewasa biasa disebut dengan Full Size, yaitu berukuran 4/4 dengan panjang lengan minimal 23.5 inci. Logikanya, Anak kecil akan sangat sulit jika harus menjangkau biola yang berukuran panjang lengan orang dewasa. Jadi, anak yang menggunakan biola ukuran dewasa kurang maksimal saat menempatkan dan menyesuaikan Biola dengan ukuran tubuhnya.

Solusinya untuk mengantisipasi pertumbuhan anak yang cepat adalah dengan menggunakan Biola sewaan yang disediakan oleh tempat kursus. Jika anak sudah dewasa atau lengannya mampu menjangkau ukuran orang dewasa, baru dilakukan pergantian jenis Biolanya. Perlu juga diketahui, bahwa pada konteks instrumen dalam komunitas musik terdapat adagium bahwa:

Memiliki instrumen musik merupakan suatu pencarian sekaligus menjadi sebuah proses. Kita tidak akan menemukan alat musik yang pas hanya dengan sekali memilih dan menentukan. Oleh karena itu, jangan memilih Biola hanya berdasarkan pada penglihatan. Namun juga menggugunakan rasa dan pendengaran saat menentukan Biola untuk dimiliki.

Bagi profesional player, meskipun mungkin saat ini Anda sudah nyaman dengan Biola pertama anda, namun tetap akan ada momen dimana beberapa bagian perlu diganti atau dilakukan upgrade. Apalagi bagi orang awam yang masih perlu banyak tahu mengenai karakter Biola, maka butuh proses dan waktu untuk menemukan suara yang renyah dinikmati. Sayang sekali jika Biola yang kita beli dengan harga mahal dan ketika harus ganti unit ditawar serta dijual dengan murah.

4. Ajak Teman atau Guru yang Mengetahui Biola

Logikanya, jika merasa diri seorang pemula, tentu saja membutuhkan pemandu untuk mendampingi dan membimbing dalam memilih serta menentukan Biola. Anda bisa mengajak orang yang dapat membantu dalam memilih dan menentukan Biola dengan beberapa kriteria, diantaranya:

  1. Orang yang bisa memainkan Biola;
  2. Orang yang memiliki pendengaran baik dalam hal musik;

Pada tipe pertama, yaitu bersama orang yang bisa memainkan Biola, kecenderungan lebih efektif dapat membantu memilih Biola yang tepat. Orang ini bisa berupa teman atau guru les yang sudah mengerti karakteristik dan cara memainkan instrumen musik Biola. Tujuannya adalah agar teman atau guru les bisa mengecek kondisi dan mencoba memainkan Biola sehingga dapat memberikan pertimbangan mengenai kualitas Biola yang akan dipilih dan dibeli.

Pengalaman Admin Komukote saat dimintai tolong peserta kursus musiknya untuk mengantar dan membantu memilih Biola, pernah menjumpai toko yang tidak memperkenankan Biolanya dicoba. Bersyukur memiliki modal pengetahuan yang cukup untuk menentukan pilihan dengan mengenal beberapa bagian dan karakteristiknya, hingga hari ini belum menerima komplain dari peserta les biolanya. Bahkan, sekarang jika ingin memesan Biola atau aksesorisnya tinggal telpon dan transfer uang, barang akan datang dengan standar kualitas yang sesuai dengan harganya (menurut hemat penulis).

Bersama teman atau guru les saat memilih dan membeli Biola tentunya, selain efektif membantu, tentunya juga lebih menyenangkan. Keuntungan lainnya, jika mendapati toko yang memperbolehkan Biolanya dimainkan, maka kita bisa mengetahui dan menikmati kualitas suaranya secara langsung baik dari jarak dekat ataupun jauh.

Teman atau guru les inilah yang nantinya akan membantu mendapatkan Biola murah (harga dan kualitas sepadan tapi tidak murahan.

Meski pengaruh terbesar keputusan membeli instrumen atau alat musik itu ada pada kesukaan pribadi, namun pertimbangan dari teman ataupun guru les setidaknya dapat meminimalisir resiko membeli Biola yang memiliki kualitas tidak sesuai dengan harganya.

5. Belanja Di Toko Online atau Konvensioal yang Recomended

Sekarang ini sudah banyak bermunculan toko alat musik yang menyediakan Biola. Bahkan, terkadang pembeli bisa mengakses langusung dari produsennya tanpa melalui distributor atau resalernya. Namun demikian, bukan berarti mempersempit cara pandang terhadap kualitas Biola. Banyaknya pilihan dan tawaran tentunya akan menambah variasi yang bisa membuat bingung saat memilih bentuk dan jenis Biola, apalagi bagi yang awam atau pemula.

Dalam jual beli, kita juga diperbolehkan untuk tidak seratus persen percaya pada sales toko, karena target mereka adalah menjual sebanyak-banyaknya barang dagangan. Jika terpaksa harus datang sendiri, sebaiknya Anda membeli Biola di toko yang terpercaya kualitas barang dan layanannya.

Lalu bagaimana kita mengetahui peringkat toko yang bisa dipercaya? Sepertimya ini perlu penjelasan lebih detil dalam postingan khusus dan terpisah. He…66X. Satu yang pasti, Anda butuh survei dari beberapa customer yang pernah berbelanja di toko alat musik tersebut. Kita bisa melihat rating toko dari feedback para pembeli. Jika lebih banyak positif dengan prosentase mendekati atau bahkan sempurna, itu berarti dapat dipercaya.

6. Cek Kelengkapan Biola Sebelum Membelinya

Meski terkadang ada toko alat musik yang tidak memperkenankan Biolanya dimainkan, namun buka berarti tidak boleh dicek kondisi fisik dan kelengkapannya. Oleh karena itu, sebelum membeli cek dulu paket pembeliannya sebelum dibawa pulang agar tidak menyesal karena mendapati kekurangan. Umumnya, kelengakapan biola terdiri dari:

  • Rosin, yang berfungsi untuk memberikan cengkraman bow pada senar Biola;
  • Bow atau busur yang digunakan untuk menggesek senar;
  • Hardcase (tas) yang berfungsi sebagai tempat sekaligus pengaman Biola;
  • Biola itu sendiri lengkap dengan bagian-bagiannya.

Jika proses ini sudah dilakukan dan Anda yakin dengan Biola pilihan Anda, maka beli dan manfaatkan dengan baik setiap moment untuk berlatih. Semoga Anda berhasil mendapatkan biola yang tepat. Semangat dan selamat menggesek…!!!

Demikian Tips tepat membeli biola bagi pemula dari Komukote. Jika ada pertanyaan, silahkan posting melalui komentar… Jika bermanfaat, silahkan share…!

Jika bermanfaat, bantu kami untuk berbagi...