Salah satu instrumen musik yang memiliki nilai estetis sekaligus prestise tinggi adalah Piano. Bukan hanya bentuk dan desainya yang tampak elegan, suara dan pola permainannya juga menggunakan teknik yang eksentrik. Coba saja Anda dengar bunyi dan menikmati beberapa karya atau permainan alat musik Piano klasik. Anda akan disajikan dengan berbagai pilihan ritme dengan beragam ekspresi dan banyak varian dinamika yang tepat digunakan untuk mengiringi bermacam suasana.

Ditengah merambah dan menjamurnya musik instan yang banyak difasilitasi oleh kecanggihan teknologi, Komukote siap untuk mengibarkan bendera musik akustik melalui Piano Klasik.

Guna mewujudkan visi tersebut, Komukote membuka kesempatan bagi Anda untuk bergabung dalam pembelajaran Piano untuk memainkan lagu-lagu Klasik milik J.S. Bach, W.A. Mozart, L.V. Beethouven melalui beberapa tahapan, level ataupun grade.

Kelebihan Mempelajari Piano Klasik

Meski bukan instrumen wajib dalam belajar dan memainkan musik, namun Piano memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan alat musik lainnya. Beberapa kelebihan sekaligus manfaat mempelajari Piano diantaranya adalah:

  1. Tepat untuk diaplikasikan bagi segala generasi, karena tuts Piano bersifat standar dengan range nada yang lebar serta mampu menjangkau dan memvisualisasikan seluruh nada;
  2. Menjadi dasar untuk mempelajari teori musik, sehingga dapat mempercepat proses belajar dan menguasai alat musik lainnya;
  3. Khusus untuk Piano Klasik, efektif meningkatkan intelegensi serta mendukung pola pikir progresif dan terbuka;
  4. Bagi pelajar, mengikuti kursus musik akan sangat mendukung materi pembelajaran Seni Budaya di sekolah.

Deskripsi mengenai kelebihan tersebut didasarkan pada pengalaman pribadi Admin Komukote yang merasakan manfaatnya secara langsung mempelajari dan mengajarkan Piano

Materi dan Teknik Pembelajaran Kursus Piano Klasik

Materi dan teknik pembelajaran kursus Piano Klasik disesuaikan dengan kemampuan dan bakat dari peserta. Instruktur atau Tutor Komukote berfungsi sebagai fasilitator, pembimbing, sekaligus mengarahkan peserta kursus dalam mempelajari teknik bermain Piano dan memainkan lagu Klasik.

Komukote terbuka dengan pemilihan lagu yang disukai peserta kursus demi mempertahankan rasa suka dan semangat untuk mempelajari lagu klasik.

Secara garis besar, materi yang akan dipelajari peserta dalam kursus Piano Klasik di Komukote adalah sebagai berikut:

  • Cara menekan tuts Piano dengan baik dan benar;
  • Cara memposisikan dan penempatan jari yang tepat dalam bermain Piano;
  • Mengenal, menghapal, dan merasakan not balok dalam bermain Piano;
  • Cara bermain teknik legato dan staccato;
  • Mengidentifikasi melodi dan pengiring serta penyesuaiannya pada penempatan jari tangan kiri dan kanan;
  • Mengenal pola melodi dan harmoni;
  • Mengenal dan menerapkan tanda dinamik musik dalam bermain Piano;
  • Menerapkan perubahan tempo;
  • Mengasah keterampilan dan kecepatan serta kelentikan jari;
  • Melatih gaya bermain untuk menunjang bunyi;
  • Membedakan ekspresi dalam memainkan lagu Klasik;
  • Mengenal ciri khas para komposer;
  • Mengenal ciri khas bentuk-bentuk komposisi.

Kurikulum Pembelajaran Kursus Piano Klasik

Kurikulum Kursus Piano Klasik Komukote bisa diikuti oleh semua golongan dan tingkatan usia, baik laki-laki maupun perempuan dan anak-anak ataupun dewasa. Kursus Piano Klasik juga dapat diikuti oleh pemula ataupun yang telah memiliki dasar atau basic bermain alat musik.

Sebagai catatan, jika kursus alat musik lain (Gitar, Biola, Keyboard) tidak harus menggunakan Not Balok, maka pada pembelajaran Piano Klasik Komukote mewajibkan untuk menggunakannya.

Komukote tidak memberlakukan ujian kenaikan tingkat setiap kali buku yang dipelajari selesai dimainkan seluruhnya. Namun, akan memberlakukan sistem ujian melalui pertunjukan atau penampilan pada setiap sheet music (not balok lagu) yang telah dipelajari dan dikuasai.

Kursus Musik Piano Klasik

Peserta yang pernah mengikuti kursus di tempat lain akan disesuaikan dengan standar grade atau level yang berlaku di Komukote melalui proses pengamatan. Jadi, tidak diharuskan mengikuti proses pembelajaran materi pertama serta tidak diwajibkan mengikuti ujian kenaikan tingkat dari awal.

Proses pembelajaran bisa menggunakan instrumen akustik maupun elektrik, namun minimal menggunakan 7,5 oktav. Bagi Anda yang memiliki instrumen musik Grand Piano ataupun Upright Piano, baik akustik maupun elektrik, jangan hanya dijadikan simbol kemapanan, tapi jadikan sebagai simbol kecerdasan dengan memanfaatkannya secara optimal.

Program Kursus Piano Klasik Komukote

Metode kursus yang diterapkan dalam bentuk face to face atau sistem privat course untuk menciptakan perbandingan satu peserta (murid) satu instruktur (tutor). Ketentuan ini diterapkan karena sistem kursus privat memiliki beberapa kelebiahan, diantranya:

  1. Tutor lebih mengetahui dan memahami karakter peserta kursus;
  2. Lebih efektif dalam pembelajaran baik teori maupun prakteknya.

Tutor kursus musik piano klasik berpengalaman mengajar Seni Musik di SMK Kusuma Bangsa dan MTsN Model Babakan atau MTsN 1 Tegal selama lebih dari 9 tahun. Selain itu juga berpengalaman mengajar Private Musik sejak tahun 2006 hingga sekarang. Berikut kami sajikan demo permainan Piano Klasik sederhana lagu “Hornpipe” milik James Hook:

Beberapa ketentuan Kursus Musik Piano Klasik Komukote:

  1. Pembelajaran dilakukan di rumah peserta (tutor datang ke rumah);
  2. Tarif kursus Rp. 250.000,-  ditambah dengan transport;
  3. Tarif tersebut berlaku untuk 4 kali pertemuan dengan durasi tiap pembelajaran satu jam;
  4. Penambahan biaya transport disesuaikan dengan jarak tempuh;
  5. Jadwal pembelajaran ditentukan berdasar kesepakatan peserta dengan tutor.

Hubungi Kuncoro di 0858 66366 506 (Telp./SMS/Telegram/WA) — Slow Respon — Mohon bersabar untuk mendapatkan respon balik yang baik.

Jika bermanfaat, bantu kami untuk berbagi...