Komukote – Kemajuan teknologi telah membawa banyak perubahan dalam bentuk inovasi diberbagai bidang, termasuk di dalamnya adalah seni musik. Salah satu bentuk inovasi dibidang seni musik adalah munculnya teknologi digital piano (dalam behasa Indonesia ‘Piano Digital) yang memanfaatkan tenaga elektronik sebagai pengembangan instrumen piano akustik.

Apa Itu Digital Piano?

Digital piano merupakan jenis keyboard elektronik yang dirancang untuk memfasilitasi, terutama menjadi alternatif bagi piano akustik, baik dalam cara bermain maupun suara yang dihasilkan. Oleh karena itu, piano digital juga sering disebut sebagai piano elektrik.

Digital Piano adalah suatu jenis piano ringan yang mereproduksi suara piano standar dengan cara elektronik. Tuts dari digital piano dirancang menyerupai piano yang sebenarnya dengan presisi (ukuran) dan rasa (berat dan mengembal) hampir sama.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan simulasi yang akurat dari piano akustik. Beberapa piano digital juga dirancang tampak seperti piano akustik, baik upright ataupun grand piano. Digital Piano menggunakan emulasi disintesis atau sampel piano yang sebenarnya, kemudian diperkuat melalui loudspeaker internal.

Kelebihan Digital Piano

Pada konteks tertentu digital piano terkadang memiliki kelebihan lain dibandingkan piano akustik, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Digital piano harganya jauh lebih murah daripada piano akustik;
  2. Desain digital piano rata-rata memiliki modelnya yang jauh lebih kecil dan lebih ringan daripada piano akustik;
  3. Penggunaan digital piano lebih praktis dan mudah karena tidak perlu disetel;
  4. Penyeteman digital piano lebih mudah dan dapat dimodifikasi agar sesuai dengan setingan instrumen lain (misalnya, organ pipa);
  5. Seperti alat musik elektronik lainnya, digital piano dapat dihubungkan ke amplifier keyboard atau sistem PA agar menghasilkan suara yang lebih keras untuk tempat yang lebih luas dan besar;
  6. Beberapa digital piano juga terdapat voice untuk meniru suara lain selain piano, yang paling umum adalah organ pipa, piano listrik, organ Hammond dan harpsichord;
  7. Digital piano sering digunakan di sekolah musik dan studio musik untuk menggantikan instrumen tradisional;
  8. Perawatan digital piano biasanya lebih mudah dan rendah biaya, tidak seperti piano akustik;
  9. Bersifat portable sehingga lebih mudah untuk dipindah atau mobilitas (dibawa ke mana-mana);
  10. Karena tingkat suaranya bisa diseting dengan mudah, maka pada saat digunakan mungkin tidak membutuhkan mikrofon bagi penyanyi yang diiringi.

Fitur Piano Digital

Berikut ini merupakan daftar fitur yang biasanya tersedia dalam digital piano:

  • Potensio untuk mengatur keras kecilnya volume suara;
  • Terminal output headphone sebagai media untuk menyambungkan jek earphone;
  • Memungkinkan memiliki fitur yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran dan komposisi;
  • Memiliki fitur transposisi untuk mengatur rendah atau tingginya nada;
  • Fitur lain bergantung pada jenis atau tipe masing-masing digital piano, para produsen mungkin menyertakan lebih banyak (voice) jenis suara instrumen musik selain sampel piano biasa.
  • Banyak digital piano yang lebih murah atau dengan harga standar yang menyajikan voice (suara) instrumen dasar seperti ensemble string, gitar, electric piano, harpsichord, organ, dan vibraphone. Sedangkan digital piano dengan harga mahal dan canggih memungkinan jangkauan ketersediaan voice instrumen yang lebih banyak dan variatif. Digital piano jenis ini biasanya memiliki tingkat kemiripan tinggi dengan keyboard atau synthesizer dengan menyediakan suara yang disintesis, instrumen angin, instrumen tradisional, biola, drum, perkusi, dan berbagai efek.
  • Digital piano juga dapat menjadi perangkat untuk memainkan General MIDI dan mengontrol instrumen elektronik melalui sequencer. Digital piano juga memungkinkan memiliki slot penyimpanan eksternal untuk manampung MIDI yang dapat dimainkan secara otomatis seperti pemain piano. Beberapa tipe digital piano juga memiliki sequencer built-in untuk membantu dalam komposisi.
  • Pada umumnya produk digital piano mereplikasi nuansa piano akustik dengan menggabungkan mekanisme dan mensimulasikan nada rendah terasa lebih berat daripada nada yang lebih tinggi.
  • Digital piano dapat dihubungkan ke komputer untuk mengedit suara, mencampur track, notasi musik, dan tugas komposisi musik lainnya menggunakan software.
  • Beberapa piano digital memiliki tuts yang menyala mengikuti nadanya, sehingga dapat dimanfaatkan untuk belajar piano bagi pemula. Atau biasanya pada layar menu display muncul notasi dan gerakan nada pada tuts yang mentransformasikan musik seperti saat dimainkan.

Kualitas Audio Digital Piano

Pada umumnya digital piano menyediakan variasi pengaturan untuk memilih jenis dan warna suara piano. Contohnya grand piano konser, upright piano, piano tack, dan berbagai electric piano seperti Fender Rhodes, Wurlitzer, dan electric piano DX. Bahkan beberapa digital piano menggabungkan suara “synthesizer” dasar lainnya (seperti ansambel string) dan menawarkan pengaturan untuk menggabungkannya dengan piano.

Secara umum, suara yang dihasilkan oleh piano digital didasarkan pada sampling, dimana sampel suara piano nyata disimpan dalam ROM. Sampling yang disimpan dalam digital piano biasanya sangat presisi dan dibuat menggunakan piano berkualitas baik, mikrofon handal, serta pre-amps berkualitas tinggi di studio rekaman profesional.

Digital Piano Elektrik

Beberapa digital piano, seperti Roland’s V-Piano dan Pianoteq berbasis perangkat lunak, menggunakan model matematika untuk menghasilkan suara piano yang asli. Suara real dapat dihasilkan bervariasi tergantung cara menekan tuts untuk menghasilkan resonansi khas dan suara akustik dari piano asli.

Kemajuan teknologi piano digital kebanyakan mampu menciptakan resonansi string, gaung dan efek akustik lainnya melalui pemrosesan sinyal digital (DSP) dan teknologi sampling. Salah satu contohnya adalah Casio Privia, yang mampu menghasilkan efek akustik dengan menggunakan DSP sederhana, yang jauh lebih kompleks daripada pemodelan fisik.

Jika piano akustik menghasilkan dengung di ruangan melalui papan suara, digital piano memiliki fitur yang berfungsi untuk mensimulasikan gema secara elektronik. Beberapa digital piano juga memiliki opsi dengung tambahan seperti “stage simulation.” Selain itu juga terdapat efek seperti chorus, tremolo, dan phaser, yang semuanya dihasilkan oleh Digital Signal Processing (DSP).

Jenis Digital Piano

Bentuk fisik piano digital, baik dilihat dari konstruksi maupun komponennya, sangat bervariasi. Berikut ini jenis piano elektrik yang sering kita jumpai:

Tipe Digital Piano Tradisional

Bentuk digital piano tradisional menyerupai organ elektronik atau harpsichord spinet. Traditional digital piano dirancang untuk digunakan di satu tempat, misalnya rumah atau studio. Oleh karena itu, jenis digital piano tradisional kurang tepat praktis jika digunakan untuk mobilitas di panggung saat life performance.

Tren desain yang untuk instrumen piano elektrik saat ini memiliki penampilan unik dan khas serta berbeda dengan instrumen konvensional. Beberapa brand yang memproduksi piano eektrik tipe tradisional diantaranya Yamaha, Kawai, dan Casio.

Tipe Upright Digital Piano

Ini adalah sub-jenis piano digital tradisional yang menawarkan desain lebih klasik dan sangat menyerupai upright piano akustik. Upright piano digital ditujukan untuk penggunaan di dalam rumah dan biasanya lebih mahal daripada jenis lainnya. Beberapa piano digital tipe upright, menggunakan bahan dasar kayu, meski ada juga yang memakai plastik.

Tipe Grand Digital Piano

Bentuk piano elektrik ini menyerupai grand piano grand dan biasanya memiliki kualitas tuts lebih presisi dan sistem suara berkualitas. Sebagian besar grand digital piano merupakan model baru high-end yang ditawarkan oleh sedikit produsen dan memiliki harga lebih tinggi daripada piano akustik umumnya.

Tipe Stage Digital Piano

Piano elektrik tipe stage dirancang untuk digunakan dengan pertunjukan langsung, audio profesional, atau di studio rekaman. Piano digital jenis ini biasanya tidak berusaha meniru penampilan fisik piano akustik, lebih menyerupai synthesizer generik atau workstation musik. Sebagian besar tipe stage piano elektrik tidak terdapat pengeras suara (speaker) internal dan amplifikasi.

Tipe Portable Digital Piano

Portable digital piano merupakan bentuk penggabungan kemampuan piano panggung yang dilengkapi dengan fitur tambahan menyerupai keyboard digital konvensional. Piano digital ini sebagian besar dirancang untuk berbagai keperluan seperti rumah, studio, ruang kelas, panggung atau penggunaan pribadi.

Bentuknya mirip dengan piano stage, tetapi jauh lebih ringan, dan memiliki ukuran yang lebih menyesuaikan tubuh pemain. Tidak seperti piano elektrik jenis stage, tipe portabel biasanya dilengkapi dengan amplifikasi dan pengeras suara built-in. Umumnya memiliki harga lebih rendah dan kualitas suaranya mirip dengan keyboard digital biasa karena sistem sintesis suara yang lebih sederhana.

Pada umumnya piano digital portabel dapat dipasang menggunakan stand keyboard biasa seperti piano panggung. Namun juga ada beberapa jenis yang dilengkapi dengan dudukan khusus, sehingga ketika dipasang akan memiliki kemiripan dengan piano digital konsol.

Tipe Modul Digital Piano

Modul piano digital merupakan modul suara tanpa keyboard yang berisi sampel suara piano. Salah satu contoh awal dari modul piano digital adalah Roland MKS-20 Digital Piano. Selain itu, ada juga Pianoteq yang merupakan perangkat lunak synthesizer yang memiliki karakteristik piano.

Tuts dan Pedal Piano Elektrik

Sama seperti piano akustik, digital piano memiliki tuts untuk mensimulasikan aksi piano tradisional. Tingkat kecepatannya sensitif sehingga volume suara tergantung pada seberapa keras tombol ditekan. Banyak instrumen sekarang memiliki tindakan kompleks yang menggabungkan palu yang sebenarnya untuk lebih mensimulasikan sentuhan grand piano.

Beberapa piano elektrik memiliki pedal built-in yang dapat difungsikan seperti piano akustik. Selain itu, sakelar pedal yang biasa digunakan untuk keyboard biasa juga dapat digunakan, terutama pada model portabel.

Pabrikan Digital Piano

Produsen terus mengembangkan teknologi untuk menghasilkan suara dan rasa yang berkualitas dengan meminimalisir harga. Pabrikan digital piano yang terkenal diantaranya Casio, Clavia, Kawai, Korg, Kurzweil, Roland, dan Yamaha.

Penutup

Dengan memperhatikan fungsi dan fitur dari piano elektrik yang menyerupai piano akustik, maka digital piano dapat menjadi alterntif bagi Anda yang berkeinginan untuk memiliki piano. Jika ada rekomendasi atau pertanyyan mengenai piano digital, silahkan sampaikan kepada Admin Komukote melalui komentar maupun form kontak.

Jika bermanfaat, bantu kami untuk berbagi...